Mengenal Cacar Air pada Anak

cacar air dapat menyerang anak-anak maupun dewasa. walaupun tidak berbahaya, cacar air bisa menjadi parah akibat infeksi bakteri

Tips:
1. jika terlihat bintik merah atau lepuhan yang mulai dari bagian tengah badan lalu menjalar ke samping badan, didahului oleh gejala lemas, demam, disertai nafsu makan menurun, dan ada kontak dengan penderita cacar air sekitar 1 minggu sebelumnya, pikirkan kemungkinan terkena cacar air.

2. tetap mandi seperti biasa dengan air yang bersih, karena kuman yang berada pada kulit akan dapat menginfeksi kulit yang sedang terkena cacar air. keringkan tubuh sesudah mandi, usahakan tidak menggosok terlalu keras.

3. untuk menghindari bekas luka yang sulit hilang, usahakan untuk menghindari pecahnya lenting cacar air

4. pastikan selalu hidup di lingkungan yang bersih, dengan pola hidup yang sehat dan pola makan gizi seimbang untuk mempercepat proses penyembuhan penyakit. konsumsi buah-buahan yang mengandung vitamin C, seperti jambu biji dan tomat sangat dianjurkan.

5. jangan lupa untuk memberikan vaksinasi anti cacar untuk anak, yang dapat dilakukan pada usia mulai satu tahun ke atas

karena cacar air pada umumnya ringan dan sembuh dengan sendirinya, penanganan cacar air terutama ditujukan untuk meringankan gejala. yang dapat dilakukan adalah istirahat secukupnya.

- minum paracetamol untuk menurunkan demam
- mandi dengan air suam-suam kuku dan taburkan bedak di seluruh badan untuk meringankan rasa gatal
- mandi setiap hari dan cuci pakaian samapai bersih
- gunakan sarung tangan untuk mencegah anak menggaruk ruam atau usahakan kuku tetap pendek dan tidak tajam
- makan makanan yang lembut dan menyejukkan jika ada ruam di dalam mulut

Sumber:Kartika Kencana