Amandel? apaan sih?

sebenarnya penyakit amandel itu seperti apa sih? operasi amandeL tentunya sudah tidak lagi asing lg di telinga bukan? seperti apa sih itu? haruskah operasi? amandel terdapat pada semua orang dan terletak pada kerongkongan di belakang kedua ujung lipatan belakang mulut. Amandel, dalam bahasa kedokteran biasa disebut tonsil, berfungsi untuk menghasilkan limfosit yaitu sejenis sel darah putih yang bertugas membunuh kuman yang masuk ke dalam badan melalui mulut. apabila tonsil meradang maka tonsil dapat membengkak, merah dan penderita merasa gatal, sakit kerongkongan, sakit menelan, kadang-kadang muntah.

Peradangan tonsil membuat anak demam, sakit kepala, muntah-muntah, sakit perut, lemas dan tidak bersemangat. Pembesaran tonsil yang terlalu besar dapat menghalangi jalan pernafasan. Kelenjar di bawah dagu dapat pula membesar. Kelenjar pada dinding kerongkongan disebut adenoid. Biasanya apabila amandel meradang adenoid pun ikut meradang.

Peradangan ini dapat disebabkan kuman dan virus yang masuk ke dalam mulut. Peradangan ini dapat diobati dengan antibiotik. Namun apabila terjadi berulang-ulang perlu dilakukan operasi.

sumber: penyakit dan peanggulangannya oleh E. Oswari